Minggu, 29 Desember 2019

Teknologi informasi dalam pembelajaran SD

Teknologi informasi saat ini berkembang pesat dan nyaris di semua sector ada. Guru di Sekolah dasar (SD) terutama guru yang mengajar berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru mata pelajaran computer tidak hanya dituntut mengajarkan cara menggunakan perangkat dan aplikasi komputer tetapi juga dituntut untuk memberikan pemahaman, attitude dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi yang benar sesuai fungsinya kepada anak didiknya. Cara mengenalkan teknologi informasi kepada anak usia SD nisa dengan menggunakan komputer untuk menunjang pembelajaran atau minimal anak-anak bias belajar mewarnai menggunakan aplikasi Paint atau bahkan menonton animasi dari penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga, anak-anak didiknya akan merasa lenih nyaman saat proses pembelajaran. Untuk itu, seorang guru harus paham dengan manfaat dan mudorat perangkat teknologi yang akan dikenalkan. Peran teknologi informasi bagi pembelajaran sangat banyak. Salah satunya mampu membuat proses pembelajaran lebih efektif dan efisien serta dapat membantu peserta didik terutama anak SD melepas jenuh dari sela-sela proses pembelajarannya.
Dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai inovasi yang dilakukakn seorang guru, dapat diyakini proses belajar mengajar akan lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena pemahaman yang mereka dapatkan dari sisi positif teknologi informasi ini. Apalagi, pada periode ini siswa masih sangat tergantung pada benda-benda nyata/konkret saat proses pembelajarannya. Diketahui bahwa siswa usia sekolah dasar berada pada peiode operasional konkrit. Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa punya peran penting dalam pengintegrasian teknologi informasi karena menjadi contoh langsung atau role model penggunaan perangkat teknologi informasi di sekolah apalagi bagi siswa sekolah dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekosistem

  NAMA : MIRA NIM : A1G119046 MATA KULIAH : INOVASI PENDIDIKAN MEMBUAT DESAIN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB ( BLOGGER ) MATERI : E...