Jumat, 20 September 2019

Kegunaan Teknologi Informasi dalam pembelajaran


.  Pengertian Teknologi Informasi
Secara etismologi, teknologi informasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris information Technology. Istilah teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.Sedangkan informasi adalah adalah pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu.Jadi teknologi informasi adalah peralatan yang digunakan menyampaikan pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengirim informasi tersebut akan, (a) lebih cepat, (b) lebih luas sebarannya, dan (c) lebih lama penyimpanannya (Munir, 2008:8-9). Istilah teknologi telah dikenal sejak jutaan tahun yang lalu, karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera.
Sementara itu, informasi (informasi: bahasa Inggris) berarti keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Maka teknologi informasi (IT) adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga, lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya (Sidiq, 2009:4).
B.  Manfaat Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran teknologi informasi memiliki banyak fungsi dan manfaat. Diantara fungsi dan manfaat Information Communication Technology (ICT):
1.    Meningkatkan keterampilan dan kompetensi
a.    Setiap pemangku kepentingan harus memiliki kompetensi dan keahlian dalam menggunakan teknologi informasi untuk pendidikan dan pembelajaran;
b.    Informasi merupakan bahan mentah dari pengetahuan yang harus ddiolah melalui proses pembelajaran;
c.    Membagi pengetahuan antar satu peserta didik dengan yang lainnya bersifat mutlak dan tidak berkesudahan;
d.   Belajar mengenai cara belajar yang efektif dan efisien bagi pengajarnya;
e.    Belajar adalah proses seumur hidup (long life) yang berlaku bagi setiap individu manusia.
2.    Menjadi infrastruktur pembelajaran
a.    Saat bahan ajar banyak disimpan dalam format digital dengan model yang beragam seperti multi media;
b.    Para pesrta didik  dan para instruktur aktif bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya;
c.    Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja;
d.   Perbedaan letak geografis tidak menjadi batasan proses pembelajaran;
e.    The network is the school akan menjadi fenomena baru dalam dunia pendidikan.
3.    Menjadi sumber dan bahan ajar
a.    Ilmu pengetahuan berkembang sedemikian cepatnya;
b.    Pengajar-pengajar yang hebat tersebar diberbagai belahan dunia;
c.    Buku-buku bahan ajar dan referensi diperbaharui secara kontinu;
d.   Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran;
e.    Tanpa teknologi proses pembelajaran yang up to date membutuhkan waktu yang lama.
4.    Menjadi alat bantu dan fasilitas pembelajaran
a.    Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata;
b.    Memberiakan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar:
c.    Pelajar diharapkan melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih bebas dan mandiri.
5.    Menjadi pendukung manajemen pembelajaran
a.    Setiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti setiap harinya;
b.    Transaksi dan interaksi antara stakeholder memerlukan pengelolaan baccak office yang kuat;
c.    Kualitas layanan pada pengelolaan administrasi pendidikan seharusnya ditingkatkan secara bertahap;
d.   Orang merupakan sumber daya yang sangat bernilai;
e.    Munculnya keberadaab system pendidikan interorganisasi.
6.    Menjadi sistem pendukung keputusan
a.    Setiap individu memiliki karakteristik dan bakat masing-masing dalam pembelajaran;
b.    Pengajar seharusnya meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam berbagai bidang ilmu;
c.    Sumberdaya yang terbatas, pengelolaan yang efektif seharusnya dilakukan;
d.   Institusi seharusnya tumbuh dari waktu ke waktu dalam hal jangkauan dan kualitas.
Selain manfat-manfaat yang sudah disebutkan diatas, berikut beberapa manfaat penggunaan internet yang kami dapatkan dari internet, yakni:
1.    Internet sebagai gudang informasi
Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi siapa saja.Penyebaran informasi berlangsung cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap.Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Dengan memanfaatkan fasilitas search engine atau mesin pencari, pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah, baik berupa data, berita, file, gambar, musik, maupun film. Beberapa ensiklopedi online juga bisa dijadikan acuan untuk menambah pengetahuan.Contoh yang cukup populer adalah Wikipedia (http://id.wikipedia.org). Melalui internet, juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan pengguna lain. Contohnya adalah membuat situs pribadi (blog atau weblog) untuk berbagi cerita atau pengetahuan dan berpartisipasi dalam komunitas tertentu lewat internet.
2.    Internet sebagai berita online
Sekarang tidak perlu menunggu hingga pagi untuk membaca berita terbaru. Banyak halaman web (halaman di situs internet) yang menyediakan berita-berita dunia secara update (selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada). Berita apa saja ada, mulai dari olahraga, politik, keuangan, sains dan teknologi, cuaca, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Sebagian surat kabar/majalah yang ada di Indonesia juga menyediakan layanan berita online.
3.    Internet sebagai perpustakaan online
Bentuk khusus dari internet sebagai gudang informasi adalah tersedianya fasilitas perpustakaan online, yang kumpulan-kumpulan situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, dapat membaca buku secara online maupun offline (isi situs diunduh atau disimpan di komputer terlebih dulu, sehingga dapat dibaca tanpa memerlukan koneksi internet). Buku apa saja ada, mulai dari ensiklopedi, novel, buku pelajaran, teknologi, komputer, komik, dan sebagainya. Ingat, tidak semua buku ini tersedia secara gratis.Ada beberapa situs yang mengharuskan membeli secara online atau membayar iuran sejumlah tertentu.
4.    Internetsebagai pendidikan jarak jauh
Internet sebagai gudang informasi dan perpustakaan online serta kemampuannya untuk membangun komunikasi interaktif memungkinkan untuk dilakukan pendidikan jarak jauh.Pendidikan jarak jauh artinya guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa tidak harus selalu berada di satu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Siswa dapat mengakses situs web sekolah mereka dan mengikuti proses pendidikan melalui komputer yang ada di depannya. Kapan saja, selama 24 jam sehari. Tak peduli sedang berada di mana, di rumah atau ketika sedang bepergian. Materi pelajaran yang harus dikuasai siswa telah disediakan oleh guru di situs web itu. Jika membutuhkan konsultasi, siswa dapat berinteraksi dengan guru melalui email (surat elektronik), chatting, atau bercakap-cakap langsung lewat telepon internet. Konsep ini sering disebut e-learning.
Rusmana (Heri Gunawan, 2012) menyatakan bahwa pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan, sebagai berikut :
1.    Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2.    Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu, seperti halnya dalam tatap muka di kelas;
3.    Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keingginan dan kebutuhan masing-masing;
4.    Lama waktu belajar juga ditentukan oleh kemampuan masing-masing siswa;
5.    Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga siswa menjadi lebih menarik terhadap pembelajaran, dan para pihak yang berkepentingan (guru dan orang tua) dapat ikut menyukseskan proses pembelajaran, dengan mengecek tugas-tugas yang dilakukan siswa secara online.
Sedangkan kelemahan dari internet bagi pembelajaran ialah:
1.    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan;
2.    Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal;
3.    Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekosistem

  NAMA : MIRA NIM : A1G119046 MATA KULIAH : INOVASI PENDIDIKAN MEMBUAT DESAIN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB ( BLOGGER ) MATERI : E...